DAY DREAMING - 5 ALASAN KENAPA HARUS AUSTRALIA ?



HOLA READERS!! 

It has been a while since I wrote the last article about 2020 Goals. 

How's life? I mean, y'all know that we have to do social-distancing because of Covid-19.
May Allah bless and protect us from that virus. Aamiin. 


Welcome to Day Dreaming episode 2. 

Well, kali ini aku tidak akan membahas mengenai Covid-19 (karena aku akan bahas tentang itu in details di artikel lain, asap), BUT aku akan ngajak kalian untuk tahu alasan kebanyakan orang (insya Allah termasuk aku) memutuskan untuk ngelanjutin jenjang kuliahnya di AUSTRALIA whether for undergraduate, master or PhD. 

So, let's read it out. 

Australia merupakan negara yang amat sangat populer untuk international students (menurut aku), salah satu faktornya karena merupakan english speaking country and have high quality of education. Aku tahu sebagian kalian mungkin lebih memilih US or UK yang juga memiliki ciri yang sama, yaitu english speaking country and have high quality of education. It does not matter, karena dari perspektif aku kita bisa belajar di negara mana aja asal senang dan bahagia ngejalaninnya. Oh, sama satu lagi, sesuai dengan goals kita. 

Nah, tapi disini aku akan secara spesifik menjelaskan mengenai 5 alasan kenapa kalian harus memilih Australia untuk lanjut kuliah. 

1. BEST EDUCATION SYSTEMS

Faktanya, Australia has one of the best education systems in the world, dimana kita bisa lihat kalo beberapa univ di Australia seperti University of Sydney (USYD), Australia National University (ANU), University of Melbourne (UNIMELB), University of New South Wales (UNSW), University of Queensland (UQ), dan University of Western Australia (UWA) termasuk dalam jajaran UNIVERSITAS TERBAIK DI DUNIA. 


Nah, sistem pendidikan di Australia ini juga nawarin banyak support gitu lho.
  • Mulai dari fasilitas yang super duper banyak (hampir di semua uni punya fasilitas baru dan canggih, jadi kita nggak bakal ketinggalan dan gaptek gitu)
  • Punya dosen-dosen yang luar biasa (expert di bidangnya masing-masing) 
  • Student center atau pelayanan ke mahasiswanya (terkait pembelajaran dan kampus) bagus-bagus banget. Mereka seperti mengayomi gitu. 
  • Area penelitian/research areas yang keren dan banyak banget. Duh, ini terbaik sih. Jadi, buat yang suka penelitian, even itu mini project (kaya aku, sukanya yang mini project aja) atau yang emang mau ngambil master by research atau PhD, cocok banget nih. 
  • Dan masih banyak detail-detail lainnya yang nggak bisa aku sebutin satu-persatu sangking banyaknya. 

Dan, kalian tahu nggak sih sistem penilaian di univ-univ Australia gimana? Okay, jadi dari yang aku baca ni ya, grade penilaiannya beda dari penilaian kita di Indo. Kalo kita kan sistemnya A, B, C, D. Nah, kalo disana itu D, C, P, F, dan paling best itu gradenya HD. 

Abb: 
HD itu High Distinction
D itu Distinction
C itu Credit 
P itu Pass
F itu Fail

Selain itu, Universitas di Australia biasanya sangat amat welcome sama international students. Makanya nggak heran kalo kebanyakan mahasiswa yang udah belajar disana jadi betah gitu. Feel like home lah ceritanya. 


2. ALSO GET PRACTICAL SKILLS

Nah, ini salah satu yang paling penting menurut aku. Jadi, selain belajar biasa aja di kelas, kita juga punya kesempatan untuk ikut training atau internship program gitu, sehingga punya practical skills yang penting banget untuk membantu kita waktu kerja nanti, apalagi di kondisi dunia yang sekarang persaingannya sangat amat ketat. 


Kalo kita punya skills ini kan pasti ada nilai plus dan dinilai very attractive to employers around the world. Selain itu, kita bisa membangun professional network, sehingga pas selesai study akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan atau menjalin kerja sama. 


3. CAN HAVE PART-TIME JOBS ALONGSIDE YOUR STUDIES

Ini sih menurut aku yang menjadi nilai plus, karena nggak semua mahasiwa di negara lain diberikan kebebasan cari part-time, apalagi untuk international students. Tapi di Australia kita bisa dan emang ada regulasinya. Seru banget kan? Jadi selagi kita belajar di Uni, kita juga bisa kerja part-time gitu yang akan sangat ngebantu untuk mencukupi kebutuhan kita selama kuliah, plus dapat pengalaman dan koneksi yang bagus baget, apalagi buat international students.

Untuk kerja part-time ini tentunya harus disesuain sama jadwal belajar kita. Kalo lagi dalam semester, kita boleh ngambil part-time up to 20 hours per week. Tapi kalo udah break semester, kita dibebasin buat ambil full-time gitu kerjanya. WOW banget nggak sih? Terus terserah kita juga mau milih part-time yang berhubungan dengan bidang yang kita ambil atau sekedar jadi a waiter, a promoter, a sales, etc. 



Sebagai informasi tambahan, kita bisa nyari kerja part time ini on the internet, contohnya lewat SEEK. SEEK sendiri adalah Australia's number one employment marketplace and the most used job platforms in Australia. Dimanapun kita belajar, kita tetep bisa gunain platforms ini, karena mencangkup list lowongan kerja di seluruh Australia gitu. Oh ya, selain itu kita perlu apply for a Tax File Number Online (TFN) dengan student visa kita, karena TFN ini diperluin untuk  bisa dapat bayarannya gitu dari kerja part-time kita. Untuk detailnya mungkin kalian bisa baca-baca lagi di internet atau nanya langsung sama temen-temen yang udah tinggal di Australia. 


4. IMPROVE ENGLISH SKILLS 

Ini merupakan hal yang udah pasti, karena bahasa nasional di Australia adalah bahasa inggris. Jadi tiap hari dan dimanapun kita (uni, dorm, supermarket, public areas) pasti bakal ngomong bahasa inggris dan keadaan ini secara tidak langsung will improve our english skills. Kuliah dan tinggal di Australia akan memberikan kita kesempatan yang sangat baik untuk ningkatin kemampuan komunikasi bahasa inggris kita.


Setelah beberapa tahun tinggal di Australia dan berinteraksi dengan banyak orang, kita pasti bakal lebih ngerti bahasa inggris dan bahkan paham slangs, dialects dan accents bahasa inggrisnya orang-orang Australia. Kita kan tahu kalo emang australian itu suka pendek-pendekin kata yang bener-bener beda dari negara-negara lain. Contohnya, football (jadi footy), friends (jadi cobbas), afternoon (jadi arvo), mosquitoes (jadi mozzies) dan banyak lainnya. Tapi menurut aku malah jadi seru banget. Ya kan? 


5. DISCOVER NEW CULTURE

Mungkin sebagian kalian mikir bahwa kalo mau discover new culture nggak mesti kuliah ke Australia. Iya sih, nggak ada yang salah dengan pikiran seperti itu. BUT, dari yang aku baca ni ya, you won't regret having met Australians and having been part of the Australian culture. Ada banyak banget pasti yang bisa kita pelajari dan ambil pengetahuannya dari budaya, kegiatan dan kebiasaan masyarakat disana. 


Orang-orang Australia itu bisa dibilang, sangat mudah bergaul dan terbuka, jadi bakal lebih mudah untuk bisa berteman dengan siapa aja. Terus mereka juga santai banget dan bisa bicara bener-bener informal sama siapa aja, meskipun baru ketemu sekali. Dan manggil orang dengan namanya langsung, juga normal dan biasa banget disana, meskipun itu bos kamu sendiri atau yang lebih tua, jadi jangan terkejut-kejut ya. Tapi kalo mereka belum kenal, biasanya mereka bakal manggil kita "mate" sih. 

Oh ya, dari hasil bacaan aku, sekitar 30% orang yang tinggal di Australia itu imigran, jadi culture disana emang sangat amat beragam banget. Nah, karena hal ini juga jadi international student itu biasanya ngerasa nyaman dan bisa dengan mudah nemuin kaya restoran dan tempat jual-jual bahan makanan yang berasal dari negara mereka masing-masing. Mungkin karena alasan itulah, beberapa kota di Australia (seperti melbourne, sydney, brisbane, adelaide, dan perth) masuk dalam list best student cities in the world. 

.......

Nah, setelah selesai kuliah di Australia, kita akan punya peluang yang lebih tinggi untuk dapat pekerjaan. Perusahaan tempat kita melamar pasti akan sangat tertarik karena lulusan dari Australia, dan melihat bahwa kita memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam bahasa inggris dan dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan tidak kita kenal, serta punya practical skills dan part-time experience yang akan menjadi poin plus.   

Okay, karena ini artikel day dreaming, kalian pasti tahu dong artinya aku juga berkeinginan sekali 
untuk apply scholarship dan menempuh master degree aku di Australia. 

JADI, MARI BERJUANG AND MAKE THIS DREAM COMES TRUE! 



see ya in day dreaming eps.3




Comments

Popular posts from this blog

TIPS dan TRIK lulus beasiswa PPA

BELAJAR FARMASI - SINGKATAN DALAM RESEP

TIPS dan TRIK LULUS TES PROFESI APOTEKER UNPAD (EKSTERNAL STUDENT)