KENAPA KITA HARUS IKUT EXCHANGE PROGRAM?




Hello readers, what's up? 

AND WELCOME TO ...  NOVEMBER! YEEEEEE 

Sebenarnya aku mau posting ini sejak dahuluuuu kala, tapi kan yaa karena waktu yang belum cukup untuk bisa menulis bacaan yang singkat tapi ber-faedah bagi kalian semua, jadi barulah sekarang aku bisa memposting dan membagikan ini. Finally yaaaa. Eittss, tapi aku udah pernah kok bagiin cerita di kampus, sama teman-teman, di seminar bersama teman-teman seperjuangan, sama di postingan IG aku (di ig khusus pengalaman lucunya aja sih), tapi bagi kalian teman-teman pembaca blog ini mungkin belum pada tau yaaaaa. 

Nah, karena aku sangat menyayangi kalian semua, maka dari itu aku akan membagikan bagaimana pengalaman sesungguhnya yang aku rasakan saat mengikuti exchange dan kenapa kalian juga HARUS WAJIB COBA ikut exchange program. Lets read it!!!

Okay, jadi setahun + 1 bulan yang lalu, aku berhasil lulus untuk STUDENT EXCHANGE ke THAILAND. Alhamdulillah. Selama disana, kami mengikuti banyak kegiatan yang sudah ter-jadwal-kan (bukan berarti belajar terus yaa, tapi maksudnya sampe untuk jalan-jalan itu udah ada jadwalnya dan dibawa oleh staff dan dosen fakultasnya sendiri).  WOW-WOW-WOW.

The common question arises is "how does it feel?"

Yap, of course it makes me feel happy -- really happy.  The next question is "why?"

Okay, jadi kalian tahu nggak sih? When you join student exchanges program (whatever it is and whenever it is) you will get an experience that you will never ever get if you just stay in your campus and doing the task or some laboratory or some exam -- like students in general.

If you've heard that many people say "you have to be an active student in campus by following this organization and this and this and blah blah blah" BUT, I think that you also have to "take part in an exchange program".

WHY? Because, there are different experiences when you meet new people, from different regions and countries, with different circumstances and cultural backgrounds. You will get an experience that you will never forget and never regret -- honestly. 

Here are some positive things that we can get from student exchanges (in my version): 

1. DAPAT TEMAN-TEMAN BARU DARI BERBAGAI NEGARA BERBEDA


Image result for meeting new people

Ketika kita ikut exchange, maka akan ada banyak teman-teman baru dari negara yang berbeda. Hal ini akan menambah daftar pertemanan kita dan memberikan efek yang baik untuk kehidupan kita kedepannya, karena kita punya banyak koneksi dari berbagai daerah dan negara. 

So, imagine that if one day, you have an idea to create something, you can make it happen, because you can do it with all of your friends around the world. Yap, that's the point!


2. MULAI BELAJAR BANYAK HAL 


Related image

Ketika kita ikut exchange, secara tidak langsung kita mulai belajar. Belajar bagaimana memahami orang lain, belajar bertoleransi, belajar menjaga diri, belajar untuk menjadi orang yang ramah dan belajar untuk menjalani kehidupan yang berbeda. 

Sometimes, when you are participating in student exchange, you need to interact with other people you don't even know before (strangers). What for? Because in other countries you can't live alone, you can't do everything by yourself. Why? Because it's not your country, not your region, which you know everything. There are things that only native people know.

When you interact with other people, you learn how to open the conversation, how to make people want to talk to you and not make people feel uncomfortable.

Indirectly, you also train your confidence to talk to people you have never even greeted and know who they are. 


3. NGERASAIN GIMANA SISTEM PENDIDIKAN DI NEGARA LAIN

Image result for learning in best university

Ketika kita ikut exchange, kita dapat merasakan bagaimana sistem pendidikan di negara yang berbeda. Mengetahui apa kelebihan dan kekurangannya, kemudian membandingkan dengan sistem pendidikan di Indonesia. 

What exactly happens in our educational system, why we are not like those who are more developed and smarter. Why? Why? And why? I suggest you find the answer in every student exchange that you join so that you can be the successor who will be able to change Indonesia in the future. 


4. PIKIRAN AKAN LEBIH TERBUKA 

Related image

Ketika kita ikut exchange, pikiran akan cenderung lebih terbuka. Kita akan berpikiran lebih luas dan melihat suatu masalah bukan hanya dari satu sisi (kita sendiri) melainkan coba melihatnya dari sisi yang berbeda (orang lain). 

We tend to be someone who wants peace and cares more about all the issues and conditions that occur in the world. We begin NOT to be racist (a person who believes that a particular race is superior to another), and START to be anti-racist (respect and think about other people too, their circumstances and what contributions we can make to help them). 

Why? Because we live with different people, we learn to understand what is on their minds and try to respect their opinions which are certainly different from us.

And from here, we learn how to be a more open-minded student and begin to appreciate what other people say.



5. MELATIH KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS 

Related image

Ketika kita ikut exchange, kita dapat sekaligus melatih kemampuan bahasa inggris kita. Kenapa? Karena tidak akan ada yang mengerti "bahasa" disana, mereka hanya mengerti "their language" atau "english". Jika kamu perlu sesuatu dan mau melakukan sesuatu, kamu harus dapat menggunakan bahasa inggris. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk melatih kemampuan bahasa inggris dengan mencoba untuk menjadikannya sebagai bahasa sehari-hari kamu.

Initially, it might be hard for some people, but this situation will improve your English skills and make you proud -- when you realize it.

***

OKHAY, menurutku ada 5 hal positif TERBESAR yang akan kalian dapatkan jika ikut student exchange program dimanapun dan kapanpun itu. So, BERUSAHALAH, kalian pasti bisa! Aku tahu kalian bisa! Semangat!

Kegagalan sekali, bukan berarti kalian tidak akan berhasil. Terus mencoba dan semangat meraih mimpi kalian. Jika bukan kalian yang mengambil langkah awal untuk bisa mewujudkan mimpi kalian sendiri, siapa lagi?

Tidak akan ada usaha yang sia-sia, semua pasti akan ada hikmahnya, jika bukan sekarang mungkin suatu hari nanti, because everything happen for a reason.

With love, Ceryolit. 

Comments

Popular posts from this blog

TIPS dan TRIK lulus beasiswa PPA

BELAJAR FARMASI - SINGKATAN DALAM RESEP

TIPS dan TRIK LULUS TES PROFESI APOTEKER UNPAD (EKSTERNAL STUDENT)