TIPS dan TRIK lulus Student Mobility or Exchange Program



Assalamualaikum guys,
Apakah kalian dalam keadaan baik-baik semuanya? Alhamdulillah.
Jadi, kali ini aku akan memberikan sedikit TIPS dan TRIK bagi kalian yang mau mengikuti Student Mobility Program atau Program Pertukaran Mahasiswa ke luar negeri, baik itu selama beberapa hari, minggu atau bulan.
So, lets check it out.

Jadi, dalam mengikuti program pertukaran mahasiswa yang memiliki banyak kriteria dan saingan yang ribuan, kalian harus memahami dan menerapkan beberapa Tips dan Trik dibawah ini. Insya Allah akan dimudahkan untuk lulus. Eeeeeiiitttssss, aku hampir lupa. Untuk teman-teman yang mau exchange atau ikut pertukaran ke universitas luar negeri (even ke Malaysia, Thailand, Singapore) yang dekat dari negara kita, tetap prasyarat yang harus dipenuhi adalah KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS, bukan hanya untuk menjawab soal tapi juga speaking (bahasa inggris aktif). Sebelum memutuskan untuk mengikuti program ini, pastikan dulu hal tersebut, dan jika sudah, maka kalian boleh membaca TIPS dan TRIK berikut ini.

1. Mencari informasi sedetail mungkin mengenai pihak penyelenggara

Ini adalah poin utama yang harus kalian lakukan guys. Kenapa? Karena ini adalah pintu pertama yang membuat kalian bisa memasuki pintu selanjutnya dan dinyatakan LULUS. Jadi, hal-hal yang perlu kalian ketahui mengenai penyelenggaranya ada banyak guys

  • Nama instansi/organisasi
  • Kejelasan penyelenggara (apakah famous atau tidak? Dapat dipercaya atau tidak?)
  • Penerima atau Penyeleksi (ini yang paling penting, agar kita bisa tahu tipe seperti apa yang diinginkan)
  • Benefit yang akan kalian dapatkan (ini penting untuk menjadi alasan kalian mengikuti programnya) 
  • Kegiatan apa yang akan kalian lakukan jika lulus (ini nanti akan berpengaruh ke jawaban kalian pas wawancara guys, jadi lebih punya visi dan misi)

2. Mencari tahu mengenai lulusan sebelumnya 

Poin ini seperti kita mencari jejak gitu guys, jadi kita nanya-nanya ke kating (kakak leting) atau orang-orang yang sudah pernah menerima beasiswa ini atau jika tidak ada yang kalian kenal, bisa tanya sama yang PERNAH mengikuti seleksinya walau belum lulus, karena sangat sangat sangat membantu. Really. Kalo kalian adalah pemula, seperti program yang aku ikuti. Baru pertama kali dibuka saat aku test, maka kalian bisa belajar dan tanya-tanya banyak hal mengenai seleksi kepada orang-orang yang sudah pernah mengikuti seleksi dengan program serupa walaupun dari instansi atau penyelenggara yang berbeda. Apapun yang kamu dapatkan dari mereka akan sangat berguna untuk bekal kamu belajar guys. Kalo mau tanya-tanya ke aku juga boleh :) aku sangat welcome kalian semua.

3. Mempelajari alur tes atau seleksinya

Hal ini sangat penting, karena dari sinilah kita mulai merencanakan apa yang harus kita pelajari. Setelah mendapatkan informasi dari kating dan informasi mengenai pihak pennyelenggara, kita tidak boleh lupa dengan alurnya. Bisa saja alurnya sama atau bahkan mungkin berbeda. Apakah ada test tulis, psikotest, essay, form, wawancara atau lainnya dan bagaimana urutannya? Apakah wawancara yang pertama? Kalian harus cari info ini sedetail dan secepat mungkin, karena semakin cepat kalian dapat infonya, semakin cepat kalian bisa mulai belajar guysssss. FIGHTING!!!! Untuk program yang diadakan dikampus aku, yaitu student mobility program ini, alurnya cuma ada 2 guys yaitu seleksi form yang kita isi dan wawancara langsung, jadi Alhamdulillah lebih mudah. Tapi, ada juga yang testnya itu ada banyak alur gitu guys, aku juga nggak ngerti buat apa. Seharusnya mereka to the point aja iya nggak sih? Tapi, untuk pertukaran mahasiswa ke luar negeri yang dibiayai oleh pemerintah luar negeri atau organisasi luar negeri seperti ERASMUS dan lainnya itu biasanya lebih mudah guys, nggak perlu ribet. Kakakku lulus ERASMUS dengan hanya menyerahkan berkas (terdiri dari persyaratan administrasi, recommendation and motivation letter) dan yaaa ... buat video motivasi keikut sertaan juga. Thats it! So, make it simple but marvelous!



4. Belajar untuk test awal 


Biasanya, test awal itu adalah test tulis atau bahkan hanya isi form dan motivasi seperti aku guys. Jadi, kalian harus benar-benar belajar how to write the best motivation ever! Aku mempelajari dari banyak tempat bahwa, yang paling menentukan kebagusan dan ketidakbagusan kita adalah dari paragraf awal dan paragraf akhir sebuah motivasi. So, remember it! Keep it in your mind! Dalam motivasi kalian JANGAN pernah seperti mengemis dan hanya menuliskan kata-kata "please luluskan saya" atau "saya sangat menginginkan program ini". DONT DO IT! Karena itu kata-kata yang salah, seharusnya kalian bisa menyampaikan hal apa yang bisa kalian kontribusikan setelah berhasil meraih program ini. Perubahan apa yang akan terjadi jika penyelenggara memilih anda dibandingkan orang lain? INGAT, make it simple but marvelous!
Oh iya, biasanya untuk pengisian form atau administrasi surat rekomendasi, motivasi, dkk nya itu tergantung dari pihak penyelenggara maunya gimana, makanya tadi di point utama aku menyuruh kalian untuk mencari tau tentang penyelenggara. Biasanya untuk penyelenggara dari dalam negeri, mintanya dalam bahasa Indonesia aja guys, but jika penyelenggaranya dari luar negeri, maka sudah pasti 100% bahasa inggris. Jadi, jangan sampai salah ya!



5. Belajar untuk test wawancara


Test wawancara pertukaran mahasiswa, mostly semuanya (untuk keluar negeri) akan menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa inggris, terserah dengan aksen british atau america. Tahap wawancara ini adalah tahap yang paling-paling-paling membuat ratusan orang gagal, gugur dan tidak berhasil mewujudkan impiannya. Belajar untuk test wawancara ini adalah untuk melatih kemampuan anda dalam menjawab dan mengekspresikan jawaban anda tanpa berbelit-belit dan straight to the point. Karena, yang harus kalian ketahui semakin kalian berputar-putar semakin interviewer merasa bosan, tapi semakin anda menjawab dengan sangat cepat, malah akan terlihat seperti menghafal. Jadi, santai tapi ada inti dan YAKIN dengan jawaban anda. Satu hal lagi, ketika menjawab, jangan terlalu kaku dan selalu menatap lurus kedepan atau terlalu menatap sekeliling berkeliaran. Keep calm, jangan buat diri anda terlihat gugup ataupun grogi sekalipun, karena hal itu sangat membantu penilaian.
Sungguh, tapi tahu kah kalian suatu rahasia? TIDAK SELAMANYA, yang kalian pelajari akan menjadi pertanyaan saat wawancara, jadi JANGAN GROGI dan JANGAN MENGHAFAL JAWABAN anda. For example, aku, aku memang nggak hafal jawaban aku, karena urusan hafal-menghafal aku payah sekali. So, waktu itu, i learn all the thing about interview. Hampir semua video youtube mengenai wawancara aku tontonin dan aku pelototin. Ya, sedikit memuakkan sih. BUT, AT THE END, kalian tau apa yang ditanyain di wawancara aku? KASUS! Interviewer mempersilahkan 3  orang untuk masuk. Aku terkejut dong? YA IYALAH, mana ada wawancara bertiga. I dnt even know what happen hari itu. Yang jelas, kami dikasih kasus, and than disuruh bahas apapun, terserah! What? Have you ever imagine it? Jadi, intinya belajarlah untuk mengerti dan memahami pola pikir interviewer bukan untuk menghafal jawaban anda. Think smart, make it simple but marvelous!

6. Berdoa 

Ini bagian paling utama, karena aku bahkan nggak pernah membayangkan akan ikut program seperti ini guys. Demi apapun, jangan lupa berdoa. Its miracle. Really. Setelah berusaha jangan lupa berdoa karena semua bisa terjadi dalam hitungan detik. And what you have to remember is hasil akhir atas perjuangan kamu, semuanya pasti ada hikmah tersendiri yang mungkin tidak bisa kamu rasakan sekarang, but one day kamu akan ingat "mungkin ini hikmahnya". Thats it.


Untuk menambah semangat kalian ikut/apply/join exchange program, yuk baca tulisan aku yang ini 

SEMANGAT BUAT SEMUANYA YANG SEDANG BERUSAHA!!!
Fighting! Keep Spirit! Believe that you can do it! Do your best! Let's see the miracle!

Jika ada yang mau bertanya, silahkan tinggalkan di kolom komentar ya.

Sampai jumpa di TIPS dan TRIK berikutnya!



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

TIPS dan TRIK lulus beasiswa PPA

BELAJAR FARMASI - SINGKATAN DALAM RESEP

TIPS dan TRIK LULUS TES PROFESI APOTEKER UNPAD (EKSTERNAL STUDENT)