All about Pre-Departure Training (PDT) Beasiswa AAS Intake 2023

 


HOLA readers! 

Hope y'all doing well

finally I've got time to write on this blog again

because the last few weeks have been so hectic, especially after returning from PDT

I have a lot of things to do

So

today Im going to share with you - PDT activities, yeay! 



Alhamdulillah

Setelah menerima email kelulusan dari AAS, para awardee memiliki kewajiban untuk mengikuti kegiatan Pre-Departure Training (PDT) dari AAS. Nah, untuk tahun 2023 ini, semua kegiatan PDT dari para awardee di seluruh Indonesia berpusat di Bali. Tbh, Bali itu jauh banget dari provinsi aku (I have to be on the plane for about 4.5 hours), tapi alhamdulillah juga, karena akhirnya aku ke Bali, yeay! Percayalah, semua ada hikmahnya guys. 

Okay, jadi aku akan menjelaskan terkait PDT sesuai dari pertanyaan yang menurut aku pasti akan kalian tanyakan jika kalian dinyatakan lulus dan mendapatkan beasiswa AAS. 


Apa itu PDT sebenarnya? 

(saat opening PDT AAS)

PDT merupakan suatu ciri khas atau hal spesial yang membedakan beasiswa AAS dari beasiswa yang lain, karena hanya AAS yang memberikan kesempatan bagi para awardee nya untuk bisa mendapatkan pengalaman kegiatan belajar di kelas selama beberapa waktu bahkan sebelum keberangkatan. PDT ini sifatnya compulsory/mandatory, harus diikuti oleh semua awardee AAS tanpa terkecuali. Intinya, ini adalah kegiatan yang dilakukan untuk mempersiapkan kita (sebagai penerima beasiswa) untuk bisa menghadapi perkuliahan di Australia nanti. Kegiatan ini dilakukan dari Senin - Jumat, dari pagi - sore. Kalian akan belajar banyak hal selama PDT.  Menurut aku, overall kegiatan PDT dari AAS ini sangat amat bermanfaat banget! Bisa ketemu banyak teman-teman dari seluruh Indonesia, menambah pengetahuan dan wawasan. TOP banget AAS! 


Dimana dilaksanakan kegiatan PDT? 

(bagian depan IALF Bali)

Pada tahun 2022 ini, semua kegiatan PDT dipusatkan di Denpasar, Bali. Jadi awardee dari Indonesia bagian barat dan bagian timur dikumpulkan di Bali. Kalo aku tidak salah, dulu itu lokasi PDT ada 2, yaitu di Jakarta (untuk awardee wilayah Indonesia Barat) dan di Bali (untuk awardee wilayah Indonesia Timur). Semua kegiatan dilaksanakan di IALF BALI. Imut banget tempatnya, bagus banget dan nyaman bangetlah intinya. Kalian pasti akan suka sih.


Berapa lama kegiatan PDT berlangsung? 

Nah untuk berapa lama waktunya itu bergantung pada nilai IELTS kalian saat JST Interview (bukan nilai IELTS yang kalian uplaod saat apply ya!). Jadi, nanti kalian akan dibagi dalam beberapa group;

5 Weeks (5W) Group - untuk teman-teman yang nilai IELTS nya, no band less than 6 

9 Weeks (9W) Group - untuk teman-teman yang nilai IELTS nya, ada satu band dibawah 6 (CMIIW) 

6 Months (6M) Group - untuk teman-teman yang nilai IELTS nya, ada band yang berada dibatas paling minimum (i guess, CMIIW)

Maka dari itu, tanggal mulai dan selesainya kegiatan PDT juga beda-beda tergantung kalian masuk ke grup yang mana. Alhamdulillah kemarin aku masuk ke grup 5W, kegiatan PDT dimulai dari tanggal 26 September dan selesai pada 28 October 2022. 


Sebenarnya apa aja yang dilakukan selama PDT? 

BANYAAK DAN SERU BANGET!!

Aku akan jelasin satu persatu ke kalian biar ga pada bingung lagi yaaa. 

1. Belajar di kelas

(kelas 5WA PDT 2022 AAS Intake 2023)

Jadi, kalian akan belajar dari pagi - sore setiap hari senin - jumat, di ruangan kelas seperti ini. Mirip perkuliahan sih ya, tapi bedanya satu kelas siswanya cuma 12/13/14 orang dan tiap hari kalian akan diajar oleh satu guru yang sama selama 2+2 jam/hari (kelas kami diajar oleh Kirt), setelah itu baru ada kelas lain lagi, jadi memang ruang lingkupnya sangat kecil dan kalian akan menjadi sangat akrab satu sama lain. 

Apa aja yang akan kalian pelajari? 

Okay, kalian akan belajar EAP (English for Academic Purposes) terutama academic writing. Setiap harinya kalian juga akan dapat tugas/PR, persis banget seperti kuliah, cuma bedanya ini lebih fun aja dan tanpa tekanan ya menjalaninya hahaha. Kalian juga akan dapat tugas akhir nantinya, yaitu menulis essay dan presentasi poster (dilakukan di hari terakhir pembelajaran). Tapi percayalah meskipun awal-awal kalian mungkin merasa riweh banget tapi selama perjalanannya seru kok, kalian akan ketemu teman-teman yang lucu-lucu, suportif dan keren-keren banget dari seluruh Indonesia. HAHAHAHA. 

(aku yang sudah bingung dengan essayku sendiri)

(sudah tidak bingung lagi saat presentasi poster)

Nah selain belajar yang serius-serius, kalian juga akan belajar banyak hal tentang Australia (di kelas cross-cultural), belajar banyak hal tentang menulis references (di kelas information literacy), dan belajar segala hal terkait perkomputerisasi (di kelas computer skills) dengan guru-guru yang berbeda. 

(w/sue, cross-cultural teacher)
ps. aku gunain sendal karena pas paginya aku ga sengaja menginjak ranjau di perjalanan menuju IALF 
dan aku udah minta izin dari teacher aku kok karena terpaksa pake sendal.


2. Mengikuti serangkaian workshop dari Australia Awards Indonesia (AAI)

Selain belajar di kelas, kalian juga akan belajar dan dapat banyak ilmu dari kegiatan workshop yang diadakan oleh AAI. Kegiatannya berlangsung selama 4/5 hari dan speakernya adalah orang-orang hebat yang memang sangat berpengalaman di bidangnya. Keren banget! 

(w/ Prof. Victor)

(w/ Dr. Amanda)

3. Mengikuti University Information Day

(w/ AAS awardees PDT 2022)

Nah, ini salah satu hal yang spesial lagi dari beasiswa AAS, karena kalian akan bertemu dengan uni representative dari tiap university in Australia. Keuntungannya apa? Banyak banget! Kalian bisa konsultasi dan bertanya banyak hal, mulai dari sistem pembelajaran, lingkungan uni, rekomendasi tempat tinggal, persyaratan adm (kalian bisa memenuhi atau engga) dan banyak hal lain lagi, SERU BANGET!

Jadi untuk kita-kita yang masih galau nih, mau milih uni yang mana, kalian akan teryakinkan saat bertemu dan bertanya langsung dengan mereka. Uni rep nya juga biasanya 2 orang, 1 dari Indo dan 1 dari Aussie langsung. TOP bangett, kalian bisa bertanya banyak hal intinya. Manfaatkanlah kesempatan ini sebaik-baiknya. Oh iya, saat kegiatan ini juga akan ada para alumni jika kalian ingin bertanya dan Prof. Victor (sebagai our academic adviser). 


4. Mengikuti kegiatan Placement and Mobilization Briefing 


Kegiatan ini akan menjawab segala kebingungan kalian terkait proses keberangkatan dan lainnya. Kalian juga diperkenankan untuk bertanya berbagai hal. Tanya aja, karena para anggota AAI sangat baik kok untuk membantu kita semua. Yeay, big thanks to Mba Echa, Mba Muna, Pak Nur, Pak Ponco dan lainnya!


5. Mengikut proses pendaftaran Visa dan Medical Check-up


(lokasi medcheck nya di BIMC Hospital)


Kalian nanti akan diberikan beberapa informasi terkait Visa dan Medcheck, termasuk semua hal yang harus kalian persiapkan dan lakukan juga. Jangan khawatir karena semuanya akan kalian lakukan selama kalian PDT di Bali, jadi tidak akan ke Jakarta atau sebagainya. Oh iya, dan semuanya di fasilitasi AAS. KEREN BANGET GA SIIIIII. Alhamdulillah. 

Oh iya untuk teman-teman di bidang kesehatan, saat medcheck nanti kita akan mendapatkan test tambahan terkait TB yang dilakukan dengan pengambilan sampel darah. Tapi tenang aja, ga sakit yang gimana-gimana banget kok, tapi ya tetep aja awalnya aku takut dan sampe ditusuk 2 kali karena percobaan pertama gagal. HUAAAA. 

(tanganku setelah diambil darahnya -_-)


6. BBQ Party dan Class Performance

(kelas 5WA w/ our teacher Kirt)

Yeay, ini yang paling lucu sih dan seru banget. Meskipun aku engga se-hedon itu untuk dance, nyanyi, etc, tapi aku cukup menikmati serangkaian kegiatan yang berlangsung dan sangat luar biasa ini yaaaa. Apalagi pas penampilan tiap kelas, hahahaha, terlebih lagi kelas aku, hahahaha. Parah banget sih ya, karena minim latihan dan merasa udah bisa jadi ya kami sangat PD. 

(penampilan kelas 5WA)
ps. sampe sekarang tiap liat foto ini bawaannya ketawa mulu hahahaha

Selain itu, karena temanya adalah BBQ Party tentunya kita akan makan-makan yang sangat enak dan juga having fun. Yeay. Ada quiz juga, terus diakhir ada juga dance rame-rame gitu. Sebagai anak muda yang sudah jompo sejak dini aku tidak bisa berlama-lama berada di situasi tersebut, jadilah setengahnya aku duduk karena udah kehabisan energi. Tapi para ibu-ibu dosen PhD malah sangat bersemangat dan aku mempertanyakan tingkat kemudaan aku, kenapa mereka yang lebih energetic? hahahahaha. 

(konsepnya memang foto-foto terus)


6. Closing Ceremony


Setelah melewati pembelajaran selama 5 minggu, tibalah saatnya kita berpisah. Yeay. Akhirnya balik lagi kerumah masing-masing. Setelah seru-seruan di Bali selama 5 minggu, waktu penutupan pun tiba. Nanti akan dibagikan report atau semacam rapot gitu intinya terkait kalian selama pembelajaran dan yaaa selesai deh kegiatan PDT nya. Alhamdulillah. Tapi sedih banget sih, karena gatau akan ketemu temen-temen aku lagi apa engga selama di Australia nanti, semoga ya kita ketemu lagi. Mereka itu definisi orang-orang pintar tapi baik hati dan tidak sombong. KEREN BANGETTTT KALIAN!!

(5WA di tangga legend IALF Bali)


Apa akan ada test IELTS lagi setelah PDT? 

Ini juga pertanyaan crucial yang pasti akan ditanyakan. Jawabannya adalah tergantung pada kalian masuk ke kelas yang mana. 

Jika kalian masuk kelas 5W, maka kalian tidak akan ikut IELTS lagi, karena berarti nilai IELTS kalian sudah memenuhi persyaratan uni di Australia. Kecuali, untuk special case seperti jurusan aku, farmasi, dimana syaratnya semua band harus min. 7 (jadi jika ada 1 band aja yang dibawah itu, meskipun overall kalian 8, ya kalian harus tetap retake IELTS lagi). Intinya begitu. 

Nah, berbeda halnya jika kalian berada di kelas 9W atau 6M, dimana saat diakhir PDT kalian memang akan retake IELTS lagi. 

Jadi, semangat!!!!!!!


Kalo aku bisa mendeskripsikan PDT dengan 2 kata, 

aku akan bilang "SERU BANGET" 

karena emang se-seru itu 

dan temen-temennya se-lucu, se-aneh dan se-ga jelas itu

hahahahaha












Comments

Popular posts from this blog

TIPS dan TRIK lulus beasiswa PPA

BELAJAR FARMASI - SINGKATAN DALAM RESEP

TIPS dan TRIK LULUS TES PROFESI APOTEKER UNPAD (EKSTERNAL STUDENT)