BEDANYA CONTENT WRITER VS COPY WRITER



HOLAAA READERS!!

Rasanya udah berjuta-juta tahun lamanya aku tidak menulis di laman blog ini. 
Merasa bersalah dan berdosa sebenarnya, tapi tolong maafkanlah aku. 
Selama ini ada banyak hal yang harus aku lalui dan kulewati di dunia perkuliahan, 
terutama karena udah masuk penelitian jadi rada puyeng 7 keliling. 


So, kali ini kita akan ngebahas tentang Content Writer dan Copy Writer. Pastinya kalian udah sering banget dengar istilah ini ya kan? Apalagi buat teman-teman yang suka nulis, pasti udah nggak asing dengan dua istilah itu. Yap, keduanya adalah sebuah pekerjaaan tulis menulis. Tapi, aku nggak yakin kalian tahu apa beda keduanya itu, karena awalnya aku juga rada bingung sih ngebedainnya. Terlebih di Linkedin itu kan nggak dijelasin juga spesifik pekerjaanya, cuma di tulis ya sebagai Content Writer atau Copy Writer. Hm. 

Tenang, jangan panik. Tarik napas yang dalam. Sekarang aku akan ngejelasin apasih sebenarnya kedua pekerjaan itu. Dan sebagai seorang penulis (sok banget), kalian harusnya milih yang mana serta atas dasar pertimbangan apa. 

Yuk Langsung Cusss!


1. CONTENT WRITER

Pertama kali dengar pekerjaan ini, aku langsung bayangin youtuber. Haha. Secara kan ya, youtuber sering disebut-sebut sebagai "content creator", jadi aku berkesimpulan mungkin maksudnya mirip-miriplah. Tapi ternyata nggak sama. Ya, karena youtuber buat video sedangkan writer buat tulisan. Okay, jadi apasih sebenarnya content writer itu?

Menjadi content writer artinya kita punya kewajiban untuk menulis sebuah artikel atau tulisan gitu tentang sesuatu (apapun yang sesuai dan berfaedah) yang tujuannya supaya pembaca website atau blog itu meningkat. Jadi semacam narik perhatian orang-orang gitu buat baca artikel atau tulisan di blog atau website kamu. Contohnya seperti tulisan yang kalian baca sekarang. Yah, masuk perangkap deh. Walaupun juga bisa dikategorikan blogger, tapi aku riset lhoo sebelum nulis sesuatu di blog aku. Jadi bisalah ya dimasukkan dalam kategori content writer

Yap, jadi disini kalian pekerjaannya nulis aja gitu. Apapun yang diminta sama atasan (atau dimana kalian bekerja) yang tentunya berkaitan dengan website itu dan bisa tingkatin jumlah pengunjung. Tentu aja, kita manusia biasa kan ya. Jadi kalo disuruh nulis (apalagi suatu hal yang kita tidak tahu pasti dan tidak punya pengetahuan tentang itu), maka kita harus cari tahu dulu. Nah, bekerja sebagai content writer itu artinya kalian harus sering melakukan riset dan pencarian dulu, sehingga  bisa nambah pengetahuan dan wawasan, juga bisa nambah kosakata baru. Jadi, tulisan kalian ada isinya dan permainan kata kalian bisa membuat  pembaca terpikat. 

Oh ya, aku lupa. Tugas terberat dari seorang content writer adalah buat keyword tulisan yang bisa jadi pencarian teratas di google. Jadi, pas dicari bisa langsung muncul dibagian paling atas gitu websitenya. Istilahnya jadi trending gitu tulisannya kalo di search di google lah. Pembaca pasti biasanya langsung meng-klik laman website atau blog paling atas kan ya? Sebagai pembaca memangnya kalian sering gitu scroll sampe kebawah bahkan liat laman-laman belakang? Pasti nggak. 100% sure! 

Intinya, seorang content writer harus buat tulisan yang BERISI INFORMASI PENTING YANG DIBUTUHKAN PEMBACA tapi DISAJIKAN DENGAN MENARIK.  


Biasanya, seorang content writer itu freelancer sih (jadi semacam part time gitu kerjanya). Jadi bisa dari kalangan apa aja asalkan mampu buat tulisan yang menarik. Nggak mesti memenuhi kualifikasi seperti dari jurusan jurnalistik atau komunikasi etc. Mahasiswa nih paling sering biasanya kerja gini-gini. Buat nambah-nambah bisalah, ngisi pulsa, bayar listrik kos-kosan okelah. Jadi, tenang aja. Kalian semua yang hobi nulis bisa kok punya kesempatan jadi content writer. Terlebih lagi sekarang ada banyak yang buka lowongan buat pekerjaan ini kok. Tapi ingat, kalian harus tetap buat tulisan yang benar, baik dari gaya tulisannya yang tidak mengandung sara dan juga spellingnya. Jangan ngasal juga. Eits, satu hal lagi. Jangan berekspektasi terlalu tinggi dengan bayarannya ya. Tapi ingat, yang penting kerjain dengan hati dan sesuaikan dengan jadwal kalian.



2. COPY WRITER

Nah, terus apa bedanya dengan pekerjaan copy writer? Jujur, awalnya aku dengar pekerjaan ini disalah satu drama korea (lupa judulnya). Dia adalah seorang copywriter, yang bekerja di sebuah percetakan buku. Tapi yang menarik adalah, pekerjaan copywriter ini biasanya digabungin dalam tim advertising dan pemasaran gitu. Nah, jadilah aku mulai tertarik dan mencoba mengerti. 

Menjadi Copywriter itu artinya kita menulis sebuah tulisan ataupun semacam slogan, kata-kata mutiara, quotes atau semacamnya yang tujuannya untuk memasarkan suatu produk (bisa barang atau jasa). Jadi, pembaca nantinya akan tertarik untuk membeli produk tersebut. Beban sebagai copywriter menurut aku lebih berat sih, karena bukan hanya membuat pembaca mau ngebaca atau ngelirik tulisan kita, tapi juga membelinya. 

Intinya, seorang copywriter harus buat tulisan atau slogan atau qoutes atau jingle SEMENARIK MUNGKIN untuk MEMPROMOSIKAN SUATU PRODUK PADA PEMBACA. 


Yap, jadi tugasnya seorang copywriter itu sama seperti tim pemasaran tapi versi tulisan. Jadi kalo kalian ngeliat ni di iklan-iklan produk ada tulisan-tulisan atau slogan yang keren atau membuat kalian jadi ingat terus sama itu produk, nah itu adalah kerjaannya si copywriter. Menarik kan? Iyalah! Aku aja tertarik banget. Tapi sayangnya, pekerjaan ini sepengetahuan aku lebih ketat dari pada content writer, jarang nerima freelancer seperti kita-kita ni sebagai mahasiswa (kecuali mungkin mahasiswa magang, dengan latar belakang jurnalistik atau komunikasi). Hm. Sedih deh padahal pengen banget tahu. 

Tapi, untuk teman-teman dengan latar belakang jurnalistik atau komunikasi. KALIAN BISA BANGET TAU JADI COPYWRITER! Kalian pastinya bisa merangkai kata sedemikian rupa hingga bisa memikat pembaca membeli produk itu dengan pastinya merincikan kelebihan-kelebihan produk kalian. Tulisan kalian juga harus disesuaikan dengan keadaan pasar. Misalkan kalo produk buat ibu-ibu harus gimana pemasarannya. Terus kalo produk untuk anak kecil harus gimana. Yang harus kalian ingat juga sama sih, yang penting kerjain dengan hati dan sesuaikan dengan jadwal kalian.


JADI, KALIAN UDAH TAHU KAN MAU MILIH JADI APA? 
UDAH JANGAN GALAU LAGI, 
SEUSAIKAN DENGAN KEMAMPUAN DAN KREDIBILITAS KALIAN. 

Semua writer itu adalah orang yang  kreatif memainkan kata dan mau berusaha untuk riset sebelum menulis. Tulisan itu butuh pengetahuan biar ada isinya. Satu prinsip yang aku pegang adalah, coba mulai nulis dari hati, terus iringi dengan pengetahuan. Pasti akan jadi tulisan yang luar biasa. 


SEE you in the next post! 

Comments

Popular posts from this blog

TIPS dan TRIK lulus beasiswa PPA

BELAJAR FARMASI - SINGKATAN DALAM RESEP

TIPS dan TRIK LULUS TES PROFESI APOTEKER UNPAD (EKSTERNAL STUDENT)