2020 GOALS? INI DIA 5 CARA AGAR GOALS BISA TERCAPAI DENGAN MUDAH



HOLAA READERS!!! 

Happy 2020. May Allah bless you every single day. 


Okay, jadi kali ini kita akan ngebahas tentang GOALS. Yap, bener banget, tujuan atau suatu hal yang ingin kita capai, khususnya di 2020, karena masih bulan January juga jadi pas banget waktunya untuk nge-set goals kita selama setahun kedepan.

Bagi kalian yang sering baca quotes dan nonton video motivasi atau dengerin podcast JayShetty (yang aku saranin itu) pasti udah terpapar banget dengan kata GOALS. Atau mungkin kalian bahkan udah buat goals 2020 kalian dari DECEMBER 2019? WOW! Selamat. Itu berarti kalian udah nyiapin tahun ini dengan sangat baik. 

Well, pertanyaan yang muncul kemudian adalah

"Apa semua orang harus punya goals in this year?" 

I have to say YES. Sebenarnya goals itu ga harus spesifik tahun ini aja, setiap tahun itu menurut aku kalian harus punya goals, tapi bagi kalian yang tahun-tahun sebelumnya ga pernah nge-list goalsnya, yuk kita mulai dari tahun ini. Yap, 2020 goals!

Nah, mungkin sebagian dari kalian pada nanya lagi ni dalam hati

"Gimana caranya untuk bisa set goals kita? Mulainya dari mana?" 

Well, untuk itulah aku ngebuat tulisan ini. Jadi mari kita mulai aja langsung.

Menurut aku ada 5 CARA UTAMA yang bisa mempermudah goals kita tercapai. Apa aja? Let us check this out!

1. LIST YOUR GOALS 

Pertama dan yang paling utama, kalian harus tau dulu kalian mau mencapai apa ditahun ini atau kalian mau jadi pribadi yang seperti apa.

"Hidup itu perjuangan, kadang kita gaboleh cuma ngikutin arus air doang, gada suka-dukanya nanti."


Lanjut, jadi kalian harus lebih dulu list kira-kira apa yang mau kalian capai dalam tahun ini. Sebanyak yang kalian pikir kalian mampu ya. Ingat, kuncinya itu sebanyak yang kalian bayangkan kalian mampu, karena meskipun goals itu sejenis tujuan atau impian kita juga, tapi harus logis dengan keadaaan kita saat ini, jangan terlalu memaksa semuanya, nanti malah nggak ada yang dilakuin. Lebih baik sedikit tapi semuanya jalan, daripada banyak tapi satupun nggak jalan. 

Contohnya misalkan aku ni ya, 
- I want to apply scholarship for master degree, 
- Internship in any hospital or health care unit,
- Make more video on youtube, 
- Write short stories, articles, etc.
(OMG, I didnt even realize there is too much on my mind).


2. PLAN STEP BY STEP 


Nah, kalo kalian udah punya listnya ni. Baru deh mikir dan nulis step-step apa yang perlu kalian lakuin biar goals kalian tadi bisa tercapai. Terus, kalian juga harus bisa bagi waktu (time management) untuk masing-masing stepnya. Jadi nggak ada step yang akhirnya harus kalian lompatin karena waktunya ternyata nggak cukup atau karena tiba-tiba kalian butuh istirahat.

Ingat, buat plan step by step itu penting, tapi harus realistis dan sesuai kemampuan. 

Contohnya misalkan aku lagi ni ya, 
Aku tu harus tahu kapan mau belajar, kapan buat video, kapan nulis, kapan istirahat. Apa aja yang harus disiapin. Materi apa yang mau dibuat jadi video lagi. Materi apa yang mau ditulis. Dan beberapa step lainnya. 


3. TAKE AN ACTION  



Setelah kita punya step-by-step nya, sekarang adalah waktunya kita lakuin apa yang udah kita tentukan. Manfaatkan waktu kamu se-efektif yang kamu mampu. Kalo emang capek, ngerasa sakit kepala, atau lainnya, KALIAN AMAT SANGAT BOLEH UNTUK ISTIRAHAT. Tapi ingat, jangan sampe terlena dengan waktu istirahat sampe buat kalian lupa ngelakuin step-step yang udah kalian tulis. Rugi aja dong jadinya.

Apa yang kalian lakuin itu, menentukan apakah pada akhirnya kalian bisa mencapai goals itu atau nggak. Jangan pernah mikir negatif, lakuin aja terus, selama itu bermanfaat dan sesuai dengan goals kalian.


4. BE DECISIVE WITH YOURSELF



This is the toughest way. Sometimes, you don't know why you are easily saying YES to everything that totally not important and not even involve in one of your goals. In a meantime, you are easily saying NO to everything that totally important and involve in all of your goals. 

Kalian tahu? Kalo kita lagi ngejalanin step by step goals kita, emang banyak banget setan yang bakal bisikin hal-hal kemalasan dan berujung pada tidak mengerjakan 1 step, 2 step dan akhirnya ga mengerjakan satu step pun.

Contohnya itu gini,
Misalkan aku lagi nyari materi buat nulis atau video, trus tiba-tiba pacar atau sahabatku chat dan ngajak jalan. Totally menggoda. Tapi kalian harus tahu kalo kalian udah ngeset jadwalnya. Kapan buat materi dan kapan boleh main/istirahat kan. Jangan tiba-tiba ditengah jalan kalian jadi nge-iya-in ajakan jalan itu, trus ninggalin materi kalian gitu aja. Padahal agenda "jalan-jalan" ditengah step yang udah kalian buat nggak ada sama sekali. Please, berlatihlah untuk bisa tahu apa yang sebenarnya kalian perlu dan nggak perlu, diwaktu yang tepat. It is okay if you say NO, dont worry. 


5. PRAY TO ALLAH


Ini adalah cara pelengkap dan manjur yang bisa membuat apa yang kalian lakuin berjalan lancar. Honestly, I have to say that everything will not going to happen if you are not pray to Allah (God). 

Apapun langkah dan kegiatan yang kalian lakuin, jangan lupa bismillah. Kalian juga harus sebisa mungkin bener-bener bagi waktu untuk berdoa. Nggak akan ada gunanya apapun itu kalo kalian nggak berdoa, karena atas izin Allah lah semuanya itu bisa terjadi.





Comments

Popular posts from this blog

TIPS dan TRIK lulus beasiswa PPA

BELAJAR FARMASI - SINGKATAN DALAM RESEP

TIPS dan TRIK LULUS TES PROFESI APOTEKER UNPAD (EKSTERNAL STUDENT)