BAGAIMANA PELAYANAN APPLE SUPPORT ? (REVIEW)

By Ceryolit (Based on my experience) 



Hello readers, what's up?

Welcome to 2019

Okay, jadi hari ini aku akan menceritakan pengalaman luar biasa yang aku alami bersama 

APPLE SUPPORT. 
Lets read it now!

Suatu hari tahun 2018 (I think it is on September), aku sudah tidak tahan dengan iphone-ku (series 5s) yang tidak bisa update ke IOS 12. Udah lama banget aku pengen update IOS nih, terus pas hari itu, aku mau update, tapi aku coba cara baru yaitu melalui itunes di mac, dan terjadilah kejadian luar biasa. So, setelah aku mendownload software IOS 12 di mac dan akhirnya berhasil (setelah beberapa kali gagal), aku langsung mencoba mengupdate iphone ku ke IOS tersebut. Perasaan senangnya tak karuan, karena sebentar lagi iphone-ku akan terupdate gaesss!!! UPDATE!!! 

Namun, apaaa yang terjadi ??? Tidak biasa! ERROR! 

Tiba-tiba aja filenya corrupted. 

Oh my God! 

APA YANG SUDAH TERJADI?? Adakah yang bisa menjelaskan ini?? 

Aku panik ga ketulungan, aku udah pening banget dan temenku (yang temenin aku buat nongkrong cari wifi gratis untuk update IOS sekalian buat tugas) jadi imbasnya. Aku udah teriak-teriak sendiri sama dia dan udah jadi orang yang mungkin "ga waras" karena KEGAGALAN UPDATE IOS tersebut. 

Beberapa saat kemudian, akupun mendapatkan ilham dari Allah SWT untuk coba mengadukan masalahku langsung ke pihak apple, yaitu apple support.  

Awalnya sempat ragu, karena diminta untuk masukin nmor IMEI (yang ada dibagian belakang iphone) dan nomor telpon yang bisa dihubungi. Ga tau kenapa mood-ku lagi semangat banget untuk update IOS, akhirnya aku ngelakuin itu semua. Sempat putus asa sih, udah jalan 1 menit ... 2 menit ... belum kunjung ada telpon yang masuk dari pihak apple-nya. 

TAPI, penantianku terbayarkan. Tiba-tiba saja masuk telpon dari nomor "SINGAPURA".

Hmmm...

Aku langsung mencurigainya dari tim apple. Dan benar saja, ITU BENAR-BENAR TELPON DARI PIHAK APPLE. 

*Something that you should know is, TIDAK ADA POTONGAN PULSA KITA SAMA SEKALI SAAT MEREKA MENELPON. OMG! SUATU HAL YANG LUAR BIASA (even call centre telkomsel ataupun bank aja pada potong pulsa kalo mau hubungin mereka)* 

NICEEEEEE ... GOOD JOB, APPLE!

Hasil gambar untuk GOOD JOB


Lanjut, nah setelah ada telpon tersebut, hal yang pertama kulakukan adalah "MEN-SCREENSHOOT" hahahaha. Gatau juga faedahnya apa, biar ada bukti kayaknya kalo mereka yang menelpon aku, hahaha. Terus aku angkat ni, kupikir akan langsung terhubung ke manusianya. Ternyata, sama seperti call-centre lain, awalnya akan ada suara bapak-bapak ngomong untuk kita memilih pelayanan apa.

Mulai curiga lagi nih aku ...  jangan-jangan memang yang ngomong udah terprogram gitu, jadi gabisa kasih respon yang jelas.

BUT, suddenly ... someone is saying hello in the phone (dan itu perempuan, dan suaranya jelas banget bukan suara yang terprogram) Im sure that you can hear the difference.

Langsung shock jantung. Omaigat, mana dia ngomong bahasa inggris lagi, kalo ga ngerti gimana pula ceritanya. Tapi aku ga akan menyerah begitu saja, GO! GO! GO!

Aku pun mulai menceritakan keluhanku, dan kemudian dia sempat ngasih beberapa arahan ke aku, terus aku ikutin. Dia bahkan sempat terhubung langsung ke mac aku, terus juga udah sempat ngomong panjang lebar banget .... But, iphone ku tetap aja gabisa ter-update.

HMMM...

Dan, alasan yang muncul di layar tetap karena memori. Padahal ada sekitar 4 GB lhooo memori mac aku freee.


Kalo dari gambar diatas itu, kalian bisa lihat kotak dialog yang berisi 
"The Iphone ...... could not be updated. The disk you are attempting to use is full" 
HMMM ... padahal ada loooo memori sisa 4 GB di mac ku :)

Aku gatau mungkin dia rada bingung atau udah frustasi hadapin permasalahan aku, akhirnya dia minta persetujuan aku untuk telponnya dialihkan ke atasannya. Yap, dia berpikir bahwa ini adalah hal urgent yang harus segera ditangani (walaupun cuma update IOS doang padahal, OMG Apple, aku terharuuuuuuuuu). Nah, kemudian terhubunglah aku ke seseorang bernama Dominic (suaranya laki-laki). Jadi, setelah terhubung di telpon, ternyata dia udah sempat dijelasin masalahnya sama si perempuan sebelumnya. Hemat waktu dong, aku ga harus susah payah jelasin lagi masalah aku dan dia langsung terhubung ke mac-ku karena udah dikasi tau sama si perempuan tadi *btw nama perempuan itu adalah Sanobar yaaaa *baru ingat setelah lihat screenshoot ini.



Langsung, si Dominic ini langsung nyuruh aku untuk liat menu bergambar apple (dilayar depan, kiri atas), terus pilih yang bagian about this mac dan pilih yang bagian storagenya.

Muncul tampilan gini

Tapi, waktu itu, storage laptop aku bukan seperti diatas. Itu mah udah free banget spacenya.
Pas kejadian mau update IOS itu, sisa memori mac aku  sekitar 4 GB. Dikit banget kan?!! Emang!
Soalnya aku belum mindahin semua foto-foto yang pernah aku back-up. Tapi, menurut aku itu bakalan cukup kok buat update IOS yang dalam pemikiran aku ga butuh memori banyak. 


Saat melihat memori aku yang tersisa 4 GB itu, terkezuttt lah si Dominic ini. Dia sampe bilang "Gimana bisa memori laptop cuman tersisa 4 GB?". Lah, terus gimana dong? Aku nanya lagi ke dia solusinya. Malu sih, karena aku juga bingung kenapa bisa sampe gada space lagi gitu ya mac aku. Aduhhh ... duh. Lanjut lagi ni, si Dominic langsung to the point nih gaes! Dia minta aku kosongin space sampe 12 GB! Sekarang juga, biar bisa langsung di lakukan update IOS.

Betapa terkezutttnya aku ....

WHAT?! 12 GB??? Aku nanya dengan intonasi sangat terkezut. Terus dia jelasin baik-baik banget mengenai alasannya. Katanya untuk bisa update IOS setidaknya harus ada space sebesar itu di mac, jadi pas update bisa terback-up gitu loooooooooo di mac apa yang ada di iphonenya.

OOOO GITU ... TAPI TETAP AJA AKU PANIK BANGET.

Mana posisinya lagi di cafe nongkrong, bukan dirumah. Mau kupindahkan kemana semua file aku sebesar 8 GB yang disuruh hapus???? OOOHH NOOOO. Aku mencoba berpikir keras dan melihat file apa yang mungkin bisa kuhapus. Terus, aku lanjut mikir .... Hapus ga ya? Hapus ga ya ?

Sampe aku dengar suara si Dominic itu lagi, "Anda sudah coba mengosongkan mac anda?" Terkezut lagiii dong!!! Aku bilang, aku butuh waktu. Wait for a minute, please. Terus dia bilang "okay."

Mulailah berburu file ga penting di laptop dilakukan, tapi tetap aja belum sampe 12 GB. Akhirnya aku hapus file video musik dan film di laptop beserta segala file mp3. Dan ... saat proses penghapusan kan mac aku terhubung ke Dominic ni, jadi dia bisa lihat. Pas aku mau hapus, dia nanya.

"Kamu yakin mau hapus semuanya itu? Mungkin kamu perlu?"

Dan dengan PD-nya aku jawab "No problem, I have that file in another laptop".

Padahal itu gada sama sekali. NOL. NOL. NOL. Murni aku kehilangan semua file aku. Hiks. Tapi, demi masa depan IOS, aku melakukannya. AND finally, space laptop aku free bahkan sampe 13 GB. Sungguh hal yang membanggakan.

Lanjut, setelah itu, dia langsung nyuruh aku untuk menyambungkan iphone-ku ke laptop untuk dilakukan proses update.

Oh iya, aku lupa, dia nanya dulu, hp yang aku gunain untuk bertelpon ria dengannya sekarang adalah hp yang sama dengan yang ingin di update atau nggak? Langsung aku jawab iya. Terus kata dia disuruh kasih nomor lain yang bisa dihubungi selain nomor itu jadi dia tetap bisa guide aku selama proses update-an. BEST BANGET GA SIH?? Aku sampe melting lhooo dibuatnya. OMG. OMG. Mana sabar banget lagi orangnya. Apple, apple, kenapa pekerjanya pada sopan dan baik banget sih? Aku kan jadi BAPER. Hahahaha.

Lanjut, terus aku kasih nomornya temen aku karena dia juga lagi sama aku kan, jadi bisa minjem hp dia. Nah, setelah itu aku matikan telpon dengan Dominic dan berharap dia akan menelpon ke nomor temanku.

Hasil gambar untuk telpon


Benar saja. DIA BENAR-BENAR MENELPON. DAN ITU NOMOR DARI SINGAPURA JUGA. WOW. AMAZING APPLE! (padahal ada muncul kecurigaan juga gabakal ditelpon karena sekitar 2 menit gitu aku nunggu ditelpon balik lagi kan ya).

Selanjutnya, aku ngikutin semua perintah yang dia katakan di telpon. Akhirnyaaaaa, TER-JADI-LAH proses update IOS itu gaessss.  YEEAAYYY. Seneng banget, happy-happy-happy.



Sisi baiknya dari Dominic ini adalah dia rela nungguin proses update-annya gaess. Padahal itu lumayan lama lhooo, sekitar 20 menit-an gitu. Ih, baik banget deh. Dan dia dengan sabar selalu nanya

"Apa yang muncul dilayar hp anda sekarang?" Untuk pastiin proses update udah selesai.

Tapi, aku selalu jawab "Masih logo apple dengan kotak loading" Hahahaha. Kayanya dia nanya lebih dari 5 kali deh, sampe aku udah ga sanggup jawab lagi, karena emang lama banget loadingnya. Tapi serius, itu tu lucu banget lhooo. Dia merasa bersalah waktu terakhir nanya, karena intonasi suara aku udah rada tinggi gitu. Im so sorry Dominic, aku gada maksud apa-apa kok.

Nah, ketika sudah selesai ter-update. Aku langsung ngomong di telpon ke Dominic.

"Udah selesai update-annya". Terus, dia jelasin semuanya sampe iphone ku benar-benar bisa digunain. Gilaaaa sih. Dan dia sering banget bilang kata "fantastic" kalo aku bilang aku "happy" dia bilang "fantastic", aku bilang "waaahhh akhirnya, terima kasih banyak yaa", dia bilang "fantastic", pokokny apapun yang dia bilang setelah proses update berhasil itu pasti ada kata-kata fantastic. Antara cinta atau fanatic banget sama kata itu ga ngerti juga akunya.

Setelah itu, aku ucapkan banyak sekali terima kasih kepada Dominic akan semua tutorial dan penjelasannya. Dia menanyakan kepuasan aku gimana, terus aku bilang sangat puas. Dan kami mengakhiri telpon dengan saling mengucapkan Happy Weekend!




Selang beberapa lama, aku pun menerima email dari Dominic. 


5 menit pertama ... aku masih bahagia dengan hp-ku dan penampilan IOS barunya. Terus, menit ke-6 aku baru sadar bahwa gada tombol assistive touch-nya. Ntah angin apa akhirnya aku email Dominic untuk nanya (MALU BANGET KALO DIPIKIRIN SEKARANG, kok bisa-bisanya gatau kalo itu namanya assistive touch dan kenapa ga coba cari dulu di google gimana cara adainnya, haduuuhhh).


AMAZINGNYA ITU ADALAH ... DIA NELPON LAGI GAESSS. Ke nomor temanku sebelumnya, dan dia minta izin untuk akses hp ku langsung, jadi bisa di guide gitu. Baik banget. *FYI, dia awalnya rada ketawa pas bilang "maksud anda assistive touch kan?" karena di email aku bilangnya white-button yang bisa di pindah-pindahin. OMG. HOW STUPID AM I ???

Intinya, dia nge-guide aku untuk menemukan solusi tersebut dan aku ucapkan terima kasih. Kamipun mengakhiri tepon dengan perasaan bahagia (walaupun sebenarnya aku malu banget, untung ga kenal aja. Aduh).



KESIMPULANNYA:

Overall, aku memberikan 4 jempol untuk pelayanan apple support. Gila, berasa wow banget. Bener-bener diperhatiin. Dari cs lain yang pernah aku hubungi. APPLE TER-BEST, TER-KEREN, TER-TER-TER.

Udah layaninnnya baik, cs nya GADA SATUPUN YANG EMOSIAN, walaupun aku ulang-ulang nanya, terus sering suruh dia bicara lebih lambat (karena gila bahasa inggrisnya gabisa kutelaah lah kalo cepat, mana tentang teknologi lagi, kalo tentang farmasi mungkin masih bisa ditoleransi).

I HIGHLY RECOMMEND YOU TO CALL APPLE SUPPORT FOR ALL THE PROBLEM THAT YOU HAVE ABOUT YOUR GADGET (IPHONE, IPAD, WATCH, MAC, ETC). 

YOU HAVE TO FEEL HOW THE APPLE SUPPORT TREAT YOU BETTER THAN OTHER CUSTOMER SERVICE YOU HAVE EVER CALL OR MEET BEFORE. 

*btw aku ga dibayar oleh pihak apple ya untuk promosoin dia, tulisan ini adalah sebagai tanda terima kasih kepada apple karena sudah memberikan pelayanan terbaiknya*


THANK YOU APPLE 

If you have any problems with your Apple products, go now to:
APPLE SUPPORT: https://getsupport.apple.com/?caller=home&PRKEYS=

Comments

Popular posts from this blog

TIPS dan TRIK lulus beasiswa PPA

BELAJAR FARMASI - SINGKATAN DALAM RESEP

TIPS dan TRIK LULUS TES PROFESI APOTEKER UNPAD (EKSTERNAL STUDENT)